Rabu, 27 April 2011

Pidato tentang Gempa BUmi





Yang terhormat: Dewan Juri,Dewan Guru,serta Teman - teman semua  yang saya cintai…..!!!!!!!!!!!!
                       
Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Salam sejahtera bagi kita semua!!!!!!!!

Pertama tama,marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Maha Esa atas hikmah dan hidayahNya bagi kita sehingga kita semua bisa berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat.Saat ini saya akan memberikan pidato singkat tentang Bencana Gempa Bumi.

Saudara – saudari yang saya hormati!!!!!!!!

Sampai saat ini bumi merupakan satu-satunya planet yang dapat mendukung kelangsungan hidup seluruh makhluk, diantara planet-planet anggota tata-surya lainnya. Oleh karenanya pengetahuan mengenai bumi dianggap sangat vital guna kelangsungan hidup penghuninya termasuk manusia.
Di jagat raya ini masih banyak pengetahuan yang belum kita kuasai, termasuk pengetahuan mengenai gempa bumi dan cara memprediksinya.
.

Saudara-saudari yang saya hormati!!!!!!!!!!

Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi. Gempa
bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak bumi (lempeng bumi).
Adapun gempa bumi dapat digolongkan menjadi 2 jenis,yaitu:
1. Gempa bumi vulkanik ( Gunung Api ):
2. Gempa bumi tektonik.
Gempa bumi vulkanik terjadi akibat adanya aktivitas magma, yang biasa terjadi sebelum gunung api meletus. Apabila keaktifannya semakin tinggi maka akan menyebabkan timbulnya ledakan yang juga akan menimbulkan terjadinya gempabumi. Gempa bumi tersebut hanya terasa di sekitar gunung api tersebut.
Sedangkan gempa bumi tektonik disebabkan oleh adanya aktivitas tektonik, yaitu pergeseran lempeng lempeng tektonik secara mendadak yang mempunyai kekuatan dari yang sangat kecil hingga yang sangat besar. Gempabumi ini banyak menimbulkan kerusakan atau bencana alam di bumi, getaran gempa bumi yang kuat mampu menjalar keseluruh bagian bumi.
Gempa bumi tektonik disebabkan oleh perlepasan tenaga  yang terjadi karena pergeseran lempengan plat tektonik seperti layaknya gelang karet ditarik dan dilepaskan dengan tiba-tiba. Tenaga yang dihasilkan oleh tekanan antara batuan dikenal sebagai kecacatan tektonik. Teori dari tektonik plate (plat tektonik) menjelaskan bahwa bumi terdiri dari beberapa lapisan batuan, sebagian besar area dari lapisan kerak itu akan hanyut dan mengapung di lapisan seperti salju. Lapisan tersebut begerak perlahan sehingga berpecah-pecah dan bertabrakan satu sama lainnya. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya gempa tektonik
Saudara saudara yang saya hormati!!!!!!!!!!

Kebanyakan gempa bumi disebabkan dari pelepasan energi yang dihasilkan oleh tekanan yang dilakukan oleh lempengan yang bergerak. Semakin lama tekanan itu kian membesar dan akhirnya mencapai pada keadaan dimana tekanan tersebut tidak dapat ditahan lagi oleh pinggiran lempengan. Pada saat itulah gempa bumi akan terjadi. Gempa bumi biasanya terjadi di perbatasan lempengan lempengan tersebut. Gempa bumi yang paling parah biasanya terjadi di perbatasan lempengan kompresional dan translasional. Gempa bumi fokus dalam kemungkinan besar terjadi karena materi lapisan litosfer yang terjepit kedalam mengalami transisi fase pada kedalaman lebih dari 600 km. Beberapa gempa bumi lain juga dapat terjadi karena pergerakan magma di dalam gunung berapi. Gempa bumi seperti itu dapat menjadi gejala akan terjadinya letusan gunung berapi.

Saudara saudara yang saya hormati!!!!!!!

Oleh karena itu,saya menghimbau kita semua agar dapat belajar dan mengerti mengenai gejala – gejala terjadinya gempa,sehingga kita bisa cepat tanggap dan tetap waspada terhadap bencana tersebut.
Akhirnya, saya minta maaf jika ada kesalahan dalam isi pidato saya ini.
Sekian dan terima kasih.
Wassalamu'alaikum Wr.Wb.
Salam Sejahtera bagi kita semua…….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar